Hosting Gratis
:: Selamat Datang diBlog Info Bandaraku ** Informasi Bandara - Maskapai Penerbangan - Teknologi Penerbangan ::

Monday 9 June 2014

Mengenal FIDS (Flight Information Display System)


Siang para bloger..apa kabar hari ini guys ? semoga semua pembaca selalu diberikan limpahan kesehatan dan kemudahan disetiap aktifitasnya..amin.
Siang hari ini kita mencoba untuk membahas tentang FIDS ( flight information display system ), pada saat kita bepergian menggunakan jasa penerbangan atau pada saat kita berada di area bandar udara, kita pasti sering melihat sebuah papan pengumuman digital yang menampilkan informasi status penerbangan. Papan pengumuman digital tersebut sangat berguna sekali untuk calon penumpang ataupun penjemput penumpang karena didalam papan pengumuman tersebut tertera informasi tentang sebuah penerbangan.
Informasi yang disampaikan dalam papan pengumuman digital bandara antara lain:

  • Nama maskapai penerbangan. 
  • Nomer penerbangan. 
  • Tujuan atau asal penerbangan. 
  • Standar jam keberangkatan atau kedatangan. 
  • Status penerbangan (check in, boarding, departing, landing, on schecule, delay atau cancel flight). 

Papan pengumuman digital disebut juga sebagai FIDS (flight information display system) yang dipasang dibeberapa spot area bandara sebagai petunjuk informasi status penerbangan, FIDS dikelola oleh pengelola bandara dan diupdate secara realtime untuk menyajikan informasi status penerbangan yang realtime. 
FIDS biasanya ditampilkan menggunakan media layar TV Plasma berukuran besar atau berupa rangkaian LED dan ditempatkan di spot yang mudah dilihat oleh penumpang, penjemput atau pengunjung bandara.
Data yang ditampilkan dalam FIDS merupakan sekumpulan data penerbangan yang diinput oleh operator bandara berdasarkan jadwal penerbangan yang diberikan oleh Maskapai Penerbangan. Pihak operator bandara akan melakukan update jadwal dan status penerbangan berdasarkan aktifitas operasional aktual yang terjadi pada hari itu secara realtime. Data FIDS tersebut disimpan dalam server database FIDS yang kemudian ditampilkan oleh Display yang berada di beberapa spot area terminal bandara.
Adapun pemasangan FIDS dibagi menjadi beberapa lokasi sesuai dengan beberapa kategori informasi yang ditampilkan oleh FIDS, yaitu :

- Keberangkatan Domestik (Domestic Departure)
- Kedatangan Domestik (Domestik Arrival)
- Keberangkatan Internasional (International Departure)
- Kedatangan Internasional (International Arrival)

Display pada lokasi-lokasi tersebut tidak hanya terpasang satu display saja, namun bisa beberapa display dipasang sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk Keberangkatan Domestik biasanya juga terpasang di beberapa pintu ruang tunggu boarding / boarding gate lounge dan area check in counter.
Beberapa pengelola bandara juga sudah melakukan integrasi data FIDSnya secara online mengunakan media internet dan menampilkannya melalui website pengelola bandara, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi status dan jadwal sebuah penerbangan tidak hanya dari display FIDS yang terpasang di area terminal bandara.
Salah satu contoh bandara yang sudah menggunakan media internet untuk menampilkan FIDS secara realtime sesuai kondisi penerbangan yang ada dibandara tersebut, sebagai berikut ini :
Dan masih ada beberapa bandara yang menampilkan FIDS dalam websitenya.

No comments:

Post a Comment