Hosting Gratis
:: Selamat Datang diBlog Info Bandaraku ** Informasi Bandara - Maskapai Penerbangan - Teknologi Penerbangan ::

Monday 9 June 2014

Pembobolan Bagasi Penumpang Pesawat

Selamat siang para blogger, apa kabarnya ? semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam setiap aktifitasnya..amin. Lama sudah saya tidak menyentuh blog ini dikarenakan aktifitas dan rutinitas "baru" yang menyita waktu dan "menjauhkan" saya untuk menulis diblog ini. Setelah hampir 3 bulan "ditempat" baru , rasa rindu untuk menulis dan berbagi tentang dunia penerbangan tiba-tiba menghampiri dan membuat saya kembali membuka blog ini...:).
Siang hari ini kita akan sedikit berbagi informasi tentang Pembobolan Bagasi Penumpang Pesawat Terbang, sebuah pengalaman tidak menyenangkan yang pernah dialami oleh beberapa teman anda atau mungkin anda sendiri pada saat bepergian menggunakan jasa penerbangan.

Sering mendapatkan cerita dari teman ataupun dari berita dimedia tentang pengalaman yang tidak menyenangkan karena mengetahui Bagasinya Dibobol pada saat tiba dibandara tujuan. Sebuah rencana perjalanan bisa menjadi berantakan karena ada beberapa isi bagasi yang hilang dan bahkan beberapa penumpang mengalami kehilangan barang berharganya pada kejadian tersebut. Kekecewaan penumpang yang mengalami Pembobolan Bagasi tersebut biasanya diungkapkan melalui komplain keras terhadap maskapai penerbangan, beberapa penumpang bahkan melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwajib hingga membawa masalah Pembobolan Bagasi ke jalur hukum karena kejadian tersebut merupakan tindak pidana.
Pihak Maskapai Penerbangan sudah melakukan berbagai upaya pencegahan tindak pidana Pembobolan Bagasi tersebut dengan membuat sistem dan prosedure pengamanan selama proses penanganan bagasi/baggage handling disemua bandara. Selain Maskapai Penerbangan, pihak Pengelola Bandara juga sudah melakukan pengamanan dan pengawasan dengan menggunakan bantuan kamera pengawas CCTV terhadap semua proses  penanganan bagasi/baggage handling yang dilakukan oleh pihak Maskapai Penerbangan ataupun pihak Ground Handling (pihak yang menyediakan jasa penanganan bagasi dan penumpang untuk Maskapai Penerbangan). Namun masih ditemukan adanya tindak pidana Pembobolan Bagasi tersebut yang diduga dilakukan oleh oknum pegawai Maskapai Penerbangan ataupun pihak Ground Handling dengan memanfaatkan celah pengawasan petugas Security Bandara.
Pembobolan bagasi tersebut dilakukan oleh oknum pegawai Maskapai Penerbangan ataupun pihak Ground Handling secara terorganisir dan bahkan dalam beberapa kasus Pembobolan Bagasi hal tersebut dilakukan oleh pelaku yang bekerja sama dengan pihak Security Bandara sebagai pengawas keamanan bandara. Sistem dan prosedure yang dilakukan oleh semua pihak Maskapai Penerbangan saat ini sudah cukup baik dan sesuai dengan standar penerbangan dalam penanganan bagasi/baggage handling, namun oknum pelaku Pembobolan Bagasi masih bisa mencari celah pada saat melakukan aksinya dengan berbagai tehnik Pembobolan Bagasi dan kelihaian serta kerja sama beberapa oknum maka tindak pidana Pembobolan Bagasi tersebut masih bisa terjadi pada bagasi penumpang pesawat terbang. Dengan kelihaian oknum tersebut, proses Pembobolan Bagasi bisa mereka lakukan hanya dalam waktu sekejap dan sangat rapi.
Berikut beberapa Video tehnik Pembobolan Bagasi yang dilakukan oleh oknum pegawai Maskapai Penerbangan ataupun pihak Ground Handling. ( hanya sebagai referensi dan mohon jangan anda lakukan sendiri ).


Pembobolan Bagasi  tidak hanya terjadi di dunia penerbangan Indonesia saja, namun juga terjadi di beberapa badar udara luar negeri. Pihak maskapai penerbangan dan otoritas bandara juga terus melakukan perbaikan standar pengamanan dan pengawasan terhadap celah Pembobolan Bagasi, namun oknum-oknum Pembobolan Bagasi  juga akan selalu mencari celah dalam melakukan aksinya.
Untuk itu, sebagai penumpang atau pengguna jasa penerbangan kita juga harus dan wajib untuk bisa menjaga atau mencegah bagasi kita dari tindakan Pembobolan Bagasi yang tentunya hal tersebut akan merugikan diri kita sendiri. Salah satu yang bisa kita lakukan sebagai penumpang atau pengguna jasa penerbangan untuk menghindari atau meminimalkan resiko Pembobolan Bagasi adalah :
1. Menggunakan kunci tambahan untuk bagasi ( koper atau tas )
2. Tidak menaruh barang berharga dalam bagasi, barang berharga tidak hanya berupa uang, perhiasan atau peralatan elektronik (gadget) saja, namun bisa jadi sebuah dokumen ataupun benda lain yang menurut anda memiliki "harga" (contoh: ijazah, album foto, dll.)
Ingat tindakan Pembobolan Bagasi tidak hanya terjadi karena ada NIAT dari oknum pelakunya saja, tapi karena ada KESEMPATAN yang anda berikan terhadap bagasi anda untuk dilakukanPembobolan. Maka dari itu Waspadalah !!.

Sekian dan terima kasih.



No comments:

Post a Comment