Hosting Gratis
:: Selamat Datang diBlog Info Bandaraku ** Informasi Bandara - Maskapai Penerbangan - Teknologi Penerbangan ::

Monday 8 October 2012

Mengenal Bandara Soekarno Hatta Jakarta




Bila kita sering sering berpergian menggunakan pesawat dan berpindah dari kawasan barat ke timur atau sebaliknya, tentulah kita akan terlebih dahulu transit di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bandara yang mengabadikan nama proklamator Indonesia yakni Soekarno dan Hatta ini resmi beroperasi para tahun 1985. Luasnya mencapai 18 km2 dengan landasarn parallel yang terpisah oleh taxiway sepanjang 2.400 m. Pada mulanya, bandara ini hanya melayani beberapa rute penerbangan domestic dan internasional. Hingga saat ini, bandara internasional Seokarno-Hatta telah memiliki 31 maskapai penerbangan yang dapat melayani rute penerbangan internasional dan 11 maskapai penerbangan yang melayani rute nasional.

Bandara ini dibangun pada masa kepemerintahan Preseiden Soeharto dan mengantikan operasi dari Bandara Kemayoran Jakarta yang sebelumnya hanya melayani rute penerbangan Domestik. Bangunannya dibangun oleh salah seorang Artsitektur Perancis bernama Paul Andreu yang juga membangun bandara Charles De Gaulle di Prancis. Arsitekturnya memang menggunakan gaya lokal dengan padu padan pahatan yang terukir di setiap dinding ruang tunggu penumpang,ditambah lagi tatanan taman kebun tropis di sekitar area tunggu yang sedikit banyak memberikan pemandangan hijau khas Indonesia.

Menelisik lebih dalam, bandara ini memiliki dua terminal utama, yakni terminal 1 yang digunakan untuk semua penerbangan domestic, dan terminal 2 digunakan untuk penerbangan internasional termasuk didalamnya Garuda Internasional dan Merpati. Hingga pada tanggal 15 April 2009 telah selesai dibangun terminal 3, rencananya akan digunakan untuk maskapai penerbangan dengan biaya yang murah, serta dapat didarati oleh Airbus A380.


Pada tahun 2010, data statistic mencatat bahwa bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani penumpang terbanyak di Asia Tenggara. Hingga pada tahun 2011, tercatat sebanyak 47,513,248 yang dilayani oleh Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jumlah itu menempatkan Bandara Internasional milik Indonesia ini berada pada urutan ke 12 di dunia dan ke empat di kawasan Asia setelah Bandara Internasional di Beijing, Tokyo dan Hongkong.

Bagi para penumpang yang baru meginjakkan kaki di Bandara Seokarno-Hatta, jangan pula khawatir untuk transportasi menuju tujuan selanjutnya, di luar bandara, banyak sekali jasa angkutan umum, bis, persewaan mobil hingga taksi yang siap mengantarkan Anda semua ketempat tujuan. Untuk bus, ada layanan dari Damri, Cipaganti (Bandara-Bandung), Primajasa(Bandara-Bandung), serta X-Trans yang melayani tujuan Serpong dan Bintaro.

Untuk jalur kereta Api seperti di Changi Airport, Singapura, rencananya akan dimulai pada tahun 2013 dan melayani rute Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

Sedangkan untuk taksi, jangan khawatir, banyak layanan taksi yang beroperasi yang banyak ditawarkan pada jalur pintu keluar bandara, mereka umumnya resmi dan menggunakan argo normal. Namun, perlu diwaspadai pula, ada taksi gelap yang banyak juga beredar di luar bandara, untuk yang satu ini, biasanya ada yang lebih murah dari argo umum, namun tak jarang lebih mahal. Sekedar tips, perlu kiranya kita lebih cermat dalam memilih angkutan.

No comments:

Post a Comment